Jumat, 12 November 2010

Teleskop untuk Pemula

Meade ETX-80AT-TC (telescopes.toptenreviews.com)
Hal berikut ini bisa terjadi bahkan pada pemula yang sangat antusias sekali pun. Kita siap berinvestasi dengan membeli sebuah teleskop yang lebih besar daripada teleskop mainan. Namun anggaran kita terbatas sehingga tidak mampu membeli peralatan kelas menengah untuk mengintip langit – apalagi peralatan kelas atas.

Karena sangat bersemangat, kita lalu membeli sebuah teleskop di supermarket, di pasar, di toko elektronik, di mana saja. Kita pasang teleskop baru di halaman belakang, membidik sebuah titik di langit, dan mengintip. Yang terlihat hanya titik-titik putih yang kabur. Kecewa, minat dan semangat kita runtuh. Teleskop untuk pemula itu akhirnya berakhir sebagai barang tua di gudang, terlupakan, dan astronom amatir, yang suatu saat nanti berpotensi menemukan bintang, komet atau planet baru, akan kehilangan semangat dan mimpi-mimpi.


Orion SkyQuest XT4.5 (telescopes.toptenreviews.com)
Agar mimpi buruk itu tidak menjadi kenyataan, Telescopes.toptenreviews.com memberikan saran agar astronom pemula melakukan semacam riset kecil sebelum memutuskan untuk membeli sebuah teleskop. Salah satu cara yang paling mudah, tentu saja, adalah googling atau mencari informasi di internet. Yang penting, pemula harus memperoleh sebuah teleskop yang mampu memberikan pemandangan ajaib.

Setelah beberapa tahun, semakin mengenali medan dan dunia pengamatan langit, astronom pemula dapat membeli teleskop baru yang lebih baik.

Pertimbangan untuk Membeli Teleskop Pemula
Teleskop yang baik bagi pemula akan memberikan pengalaman astronomi yang membuat takjub sang astronom pemula dan membuatnya ingin terus memandang ke langit. Dengan harga sekitar $300 (lebih kurang Rp 3 juta), seharusnya sang astronom pemula sudah bisa memperoleh teleskop yang sempurna untuk memberinya pengalaman pertama.

  • Fitur
Fitur teleskop yang disenangi seorang pensiunan tentu berbeda dari fitur teleskop yang cocok dengan astronom pemula yang masih memiliki anak kecil. Astronom pemula tentu menginginkan teleskop yang mudah disusun dan dipindah-pindahkan serta, tentu saja, kualitas optik yang baik sehingga bisa memperlihatkan citra berbagai planet dan kawah-kawah di bulan dengan jelas.

Orion StarBlast 6 Astro (telescopes.toptenreviews.com)
  • Mudah digunakan
Teleskop untuk pemula yang baik seharusnya bisa dirangkai oleh astronom sendiri dengan sedikit peralatan saja. Teleskop ini juga sebaiknya cukup kecil sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan. Siapa tahu sang astronom pemula, agar dapat melihat langit dengan lebih jelas, harus mendaki bukit yang agak tinggi namun sukar dijangkau.

  • Pengalaman mengamati langit
Teleskop yang pertama kali digunakan oleh astronom pemula sebaiknya memiliki kualitas optik, komponen, dan bagian-bagian mekanis yang bisa berfungsi dengan baik dalam berbagai situasi sehingga bisa memberikan pengalaman pengamatan yang menyenangkan. Tipe-tipe teleskop berbeda-beda, tentu saja. Sebuah teleskop mungkin lebih cocok untuk mengamati bulan, sementara yang lain lebih sesuai untuk mengamati planet.

Tetapi instrumen pertama yang digunakan astronom pemula semestinya juga cocok dengan anggaran  dan membuatnya ingin menggunakan instrumen tersebut lebih dari sekali.

  • Bantuan atau dukungan
Teleskop pertama sebaiknya dibeli dari pembuat teleskop yang punya reputasi, bukan dibeli dari toko supermarket atau toko mainan. Jika ada masalah ketika sang astronom pemula merangkai teleksop pertamanya, ia bisa menghubungi pihak yang dapat memecahkan masalah tersebut. Banyak ahli astronomi yang bisa dihubungi melalui internet atau telepon.

Beberapa teleskop untuk pemula yang disarankan adalah Orion’s SkyQuest XT4.5, Meade’s ETX-80BB, dan Orion’s StarBlastAstro.

Untuk lebih memahami dunia per-teleskop-an, silakan membaca daftar kosakata berikut ini.


Sumber:  Telescopes.toptenreviews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar