Selasa, 10 Juli 2012

Menjadi Astronot: Simulasi 3D Space Engine

Nama perangkat lunak ini mengena: SpaceEngine. Ini memang nama yang paling dekat dengan imajinasi kita tentang perjalanan antarbintang. SpaceEngine, yang digambarkan sebagai "perangkat lunak simulasi luar angkasa bebas", sebenarnya merupakan kombinasi data astronomis aktual dengan informasi yang dihasilkan secara prosedural. Anda dapat melihat apa saja mulai dari model atmosfer Bumi yang sangat akurat hingga ekstrapolasi galaksi yang hingga saat ini hanya ada dalam imajinasi dan teori.



Fungsi-fungsi yang terdapat dalam software ini cukup impresif. Menurut deskripsi di situs SpaceEngine, perangkat lunak ini memiliki semua benda langit yang dikenal dalam astronomi modern. Ia juga memungkinkan Anda untuk mengontrol waktu agar dapat mengamati rotasi dan revolusi atau orbit berbagai planet, melihat jalur orbit, menyaksikan lanskap planet dalam tampilan 3D dan berbagai model luar angkasa secara volumetris, mengimpor add-on dan, yang paling penting, menjadi pilot pesawat ruang angkasa.

Anda tidak hanya bisa bertualang di alam semesta virtual ini seperti Silver Surfer dengan mode Free, tetapi Anda juga bisa memilik antara mode pesawat luar angkasa dan pesawat udara biasa. Keduanya menerapkan prinsip intersia untuk meniru keadaan benda dalam gravitasi nol. Yang tidak ada dalam perangkat lunak ini hanya satu: alien berkulit hijau. Silakan cek video berikut ini:




Sumber: PC World