Selasa, 10 Juli 2012

Foto Kebakaran Hutan dari Luar Angkasa

Seorang astronot di ISS mengirimkan sebuah foto menarik. Dalam foto itu, tampak asap tebal dari suatu kebakaran hutan yang membumbung dalam kegelapan. Lokasinya diperkirakan di dekat kota Ciudad Juarez, Meksiko, dan El Paso, Texas.

Asap tebal itu diduga berasal dari kebakaran Whitewater-Baldy, kebakaran hutan terbesar dalam sejarah Meksiko. Sekitar 465 mil2 (1.205 km2) hutan dekat Glenwood, New Mexico, ludes dalam kebakaran yang dipicu oleh sambaran petir pada 16 Mei 2012, sesuai laporan U.S. Forest Service.

Kebakaran yang tertangkap foto dari luar angkasa ini terjadi di timur laut El Paso, namun 87 persennya telah berhasil ditangani. Angin diketahui telah meniup udara panas dan abu dari kebakaran Whitewater-Baldy hingga sejauh Pantai Timur AS.

Walaupun sulit sekali menentukan perbatasan AS dan Meksiko di dalam foto ini, garis terang yang panjang di dalamnya diperkirakan Interstate 10, yang terletak di sebelah utara perbatasan, menurut dugaan Earth Observatory NASA.

Foto ini diambil pada 2 Juni 2012 oleh salah satu anggota Expedition 31, menggunakan Nikon D3S, kamera berlensa tunggal yang banyak dijual di toko. Obyek yang tampak di sebelah kiri adalah wahana antariksa yang sedang berlabuh di ISS.*

Sumber: MSNBC