Minggu, 24 April 2011

Tentang Bagian Alam Semesta di Luar Atmosfer Bumi dan Blog Ini

Definisi adalah sebuah titik berangkat untuk memahami sesuatu. Sebuah definisi yang kuat akan membuat pembicaraan tentang hal-hal yang tercakup dalam definisi itu menjadi lebih mudah. Sebaliknya, sebuah definisi yang masih labil sering membuat pembicaraan menjadi tersendat. Termasuk topik tentang luar angkasa.

Dongeng Luar Angkasa mendasarkan diri pada definisi yang dapat Anda baca di Page tentang "Definisi". Di situ, saya menyusun definisi sendiri tentang terma atau istilah luar angkasa. Bagi saya, konsep yang tercakup dalam terma itu cukup kuat sehingga dapat menjadi batu pijakan saya untuk memahami, menghayati dan memperbincangkan topik tentang luar angkasa lebih jauh dengan lebih mudah.

Sebuah search keywords yang terlacak di stats blog ini membuat saya terpancing untuk berpikir lagi tentang definisi yang telah sekian lama menjadi batu pijakan saya dalam mengelola blog ini. Keywords itu adalah "bagian alam semesta di luar atmosfer bumi". Tentu saja saya tidak tahu siapa orang yang hendak mencari informasi tentang keywords itu.

Tetapi, dari struktur frase yang diketikkannya di mesin pencari, saya menduga dia adalah seseorang yang memiliki cara berpikir yang jernih dan mungkin tidak akan bertentangan dengan jalan pikiran saya. Maksud saya, keywords yang diketiknya itu dapat dipahami dengan relatif mudah. Keywords itu juga menunjukkan bahwa si pencari punya minat mendalam untuk memahami topik luar angkasa lebih lanjut.

"Bagian alam semesta di luar atmosfer bumi" merujuk dengan jelas kepada lokasi yang lebih tinggi lagi daripada lapisan teratas atmosfer planet kita ini. Saya menduga bahwa hasil dari pencarian dengan keywords itu akan berupa lapisan-lapisan atmosfer. Saya sendiri langsung terpancing untuk mencari informasi tentang lapisan-lapisan itu lebih jauh.

Artinya, jalan pikiran mas/mbak.adik/kakak/agan/aganwati itu ternyata masih dapat saya ikuti - paling tidak melalui keywords-nya. Dan ini menambah kepercayaan diri saya bahwa definisi yang selama ini saya pegang tentang luar angkasa ternyata dapat juga dipahami oleh orang lain. Saya jadi semakin yakin untuk terus meyakini bahwa "luar angkasa" adalah terma yang paling cocok untuk merujuk pada kawasan di luar lapisan atmosfer teratas kita.

Ternyata, walaupun telah lama tidak dikelola secara intensif, ternyata blog ini masih dirujuk oleh Google - sebagian besar dari traffic ke blog ini datang dari hasil pencarian di Google. Saya bersyukur bahwa blog ini ternyata masih mampu memberikan manfaat, walaupun sedikit, kepada Netizens. Tetapi saya mohon maaf karena saya tidak bisa sering-sering lagi menulis di sini. Alasannya: sibuk dengan pekerjaan.

NB: Saya mengganti tampilan blog ini agar lebih menyenangkan bagi pembaca. Kalau ada masukan, silakan tinggalkan komentar di salah satu posting. Insya Allah saya akan merespon secepat mungkin. Salam astro....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar