Minggu, 02 Januari 2011

Kegagalan Antariksa 2010

Walaupun mencatat beberapa keberhasilan, seperti pencegatan komet Harley 2, penemuan ratusan planet ekstrasolar baru, peluncuran SpaceX, konfirmasi atas diameter Eris, namun 2010 yang baru lewat juga mencatat beberapa kegagalan dalam penjelajahan luar angkasa di seluruh dunia.

Beberapa kegagalan dalam daftar berikut ini dikutip dari Tehran Times, setelah isi daftar tersebut dikonfirmasi dengan pelbagai sumber sehingga bias politik dipastikan berada pada tingkat paling minimal.


  1. Pada 5 Desember, roket Proton Rusia yang mengangkut tiga sateglit navigasi Glonass-M gagal berangkat ke orbit dan terjatuh ke Samudera Pasifik di sekitar Hawaii.
  2. Akatsuki gagal memasuki orbit Venus dan hingga kini tidak diketahui nasibnya.
  3. Sebuah balon udara NASA terjatuh di gurun Australia dan menimpa sebuah mobil sipil. Muatanya, sebuah teleskop berharga sekitar $2 trilyun, hancur lebur.
  4. India gagal meluncurkan roket Geosychronous Satellite Launch Vehicle dua kali, pada bulan April dan pada hari Natal.
  5. Pada akhir Oktober, Eutelsat W3B, satelit komunikasi Eropa, berhasil diluncurkan hingga mencapai orbit. Namun, tanki bahan bakar satelit tersebut mengalami kebocoran yang cukup besar dan akhirnya satelit itu dinyatakan gagal.
  6. Pada bulan April, Pentagon kehilangan kontak dengan sebuah wahana pengujian peluncur hipersonik tak lama setelah diluncurkan. 
  7. Pada awal Desember, sebuah prototip satelit bertenaga surya, NanoSail-D, gagal dilontarkan dari satelit induknya.
  8. Pada 31 Juli, sebuah pompa pendingin amoniak di ISS rusak sehingga separuh dari system pendingin di stasiun tersebut tidak berfungsi. Para astronot terpaksa membatalkan sejumlah eksperimen dan mematikan beberapa sistem sehingga sebagian sistem bekerja tanpa cadangan agar stasiun tersebut tidak mengalami panas berlebihan.


Sumber: Tehran Times
Sumber ilustrasi: spaceflightnow.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar