Jumat, 10 Desember 2010

Naga Terbang ke Luar Angkasa

Space X, sebuah perusahaan swasta, yang dipimpin oleh raksasa internet PayPal, meluncurkan sebuah pesawat ulang-alik pada pagi hari 9 Desember 2010 dari Cape Canaveral, Florida, AS.

Roket Space Exploration Technologies Falcon 9 tersebut membawa sebuah kapsul bernama Dragon atau Naga. Space X mencoba menempatkan Naga tersebut di orbit dan membawanya kembali ke Bumi tiga jam setelah diluncurkan.

Ini adalah upaya pertama di mana sebuah perusahaan swasta membawa kembali ke Bumi sebuah wahana yang telah diluncurkan ke luar angkasa.

Menurut rencana, Naga akan mengelilingi dunia dua kali, kemudian mengembangkan parasut dan menceburkan diri ke Samudera pasifik, sekitar 500 mil dari pantai Mexico.

NASA menerapkan kebijakan untuk menyewa perusahaan swasta seperti Space X untuk melontarkan kapsul ke ISS setelah kepastian akan diistirahatkannya pesawat-pesawat ulang-alik milik NASA pada tahun depan. Diperkirakan, biaya transportasi ke orbitakan dibebankan pada astronot yang turut serta dalam peluncuran setiap kapsul.

Space X didanai oleh pendiri PayPal dan wirausahawan Tesla Motors, Elon Musk.

Proses peluncuran itu sendiri berjalan menegangkan. Peluncuran sempat ditunda hingga 7 hari ketika diketahui bahwa lubang buang di mesin roket tingkat kedua mengalami keretakan. Teknisi Space X, Marty Anderson, menurut laporan floridatoday.com, buru-buru terbang dari California dan mendaki roket setinggi 157 kaki itu untuk membenahi keretakan.***

Sumber: Daily Galay/floridatoday.com
Sumber ilustrasi: Daily Galaxy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar