Selasa, 09 November 2010

Walaupun Resesi, Industri Antariksa Inggris Tumbuh Pesat

HYLAS 1 (artist impression). Kredit: Avanti
Industri antariksa Inggris tumbuh hampir delapan persen walaupun perekonomian dunia sedang dilanda resensi. Selama dua tahun terakhir, pertumbuhannya lebih dari 10%. Menurut laporan UK Space Agency, aset industri tersebut per November 2010 mencapai £7,5 miliar. Laporan tersebut mencakup 260 perusahaan baik yang bergerak pada industri hulu (penyedia teknologi antariksa) maupun hilir (pengguna teknologi antariksa).

Industri hulu mencatat pertumbuhan 11% sementara industri hilir mencatat 3%, berbanding dengan pertumbuhan GDP nasional 0,3 persen. Menteri Sains Inggris, David Willets, menyatakan, “Nilai ekonomis industri luar angkasa Inggris adalah lebih dari £7 milyar. Industri ini merupakan industri yang tumbuh sama cepatnya dengan ekonomi China dan merupakan kisah sukses inovasi teknologi tinggi.”

Lebih lanjut, Willets menambahkan, “Bulan ini merupakan bulan yang luar biasa bagi industri luar angkasa Inggris. Apalagi astronot Inggris baru saja menyelesaikan latihan di European Astronaut Centre dan satelit HYLAS 1 telah diluncurkan.”

Pertumbuhan ini bisa tercapai berkat adanya investasi strategis dan kemitraan yang kuat antara kalangan industri, akademis, dan sektor publik. Selama periode 1999/2000 hingga 2009/2010, aset total industri ini telah tumbuh dua kali lipat.

Aplikasi utama teknologi luar angkasa masih dipegang broadcast. Penjualannya sebesar £5,069 juta pada 2008/9. Pendapatan lainnya berasal dari pelbagai aplikasi telekomunikasi, yang besarnya £1,800 juta. Dua aplikasi ini menyumbang lebih dari 90% dari total pasar. Pekerjaan dalam bidang antariksa juga menguat lebih dari 9%. Tenaga kerja antariksa pada 2008/2009 berjumlah 24,900 orang.

Tenaga kerja antariksa di atas adalah tenaga kerja terampil. 70% di antaranya memiliki gelar sarjana. Akan tetapi industri hulu dan hilir masih menghadapi kendala ketenagakerajaan, yaitu kurangnya teknisi yang berkompeten. 12% dari total industri antariksa melaporkan kekurangan teknisi tersebut.

Sumbangan total industri antariksa Inggris kepada GDP pada 2008/2009 diperkirakan sebear £6,2 milyar.

UK Space Agency, yang didirikan pada 1 April 2010, bertugas menyiapkan Inggris untuk menjadi salah satu pemimpin dalam sektor luar angkasa. Untuk mencapai tujuan tersebut, agensi ini mengkoordinasi keterlibatan pemerintah dalam pelbagai proyek antariksa, menjalankan program-program luar angkasa Inggris, melaksanakan kolaborasi intenasional dan membangun kemitraan industri dalam sektor luar angkasa.


Laporan tersebut dapat diperoleh dalam versi pdf di sini.
Sumber: ukspaceagency.bis.gov.uk
Sumber ilustrasi: ukspaceagency.bis.gov.uk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar